Menu

Hal-hal yang Perlu Anda Hindari untuk Membuat Cat Mobil Tua Lebih Awet

0 Comments


Sebuah mobil tua akan terlihat tetap menarik jika tampilannya masih bagus, misalnya dari cat mobil yang terkesan membuat kendaraan lebih klasik. Dan untuk mendapatkan hal tersebut si pemilik mobil harus melakukan beberapa cara perawatan yang tepat. Mulai dari pembersihan rutin, pencucian rutin dan lain sebagainya. Namun banyak orang yang hanya fokus pada perawatan yang tepat dan lupa untuk penggunaan yang baik. Karena memakai mobil secara sembarangan juga dapat mempengaruhi keawetan dari cat itu sendiri, misalnya sering memarkir sembarangan.

Cat Mobil

Selain dari kurangnya perhatian pemilik terkadang ada juga faktor eksternal yang mempengaruhi kondisi dari cat mobil sehingga cepat kusam. Berikut ini ada beberapa hal yang sering tidak disadari pemilik mobil dan dapat membuat cat cepat rusak yaitu:

  • Kerikil jalanan.

Hal pertama yang sering tidak disadari oleh para pemilik mobil adalah ketika melalui jalanan yang tidak mulus dan banyak kerikil yang terlempar hingga bagian bodi mobil. Itulah hal pertama yang sering menjadi kasus kerusakan cat mobil Anda tetapi tidak disadari. Makanya untuk menghindari hal tersebut pastikan bahwa Anda selalu dalam kecepatan yang rendah ketika berada pada jalanan yang masih banyak kerikil.

  • Hujan.

Dan yang kedua adalah air hujan yang mempunyai kandungan asam sehingga dapat merusakkan cat mobil, apalagi intensitas air hujan cukup tinggi. Sangat disarankan jenis kendaraan apapun baik itu mobil ataupun motor setelah digunakan dalam kondisi hujan langsung bilas menggunakan air biasa dan bersih. Jangan lupa untuk segera mengelap sampai kering supaya tidak meninggalkan jejak yang mengganggu pandangan.

  • Menulis dengan kondisi berdebu.

Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat mobil yang sangat berdebu lalu ditulis atau coret-coret menggunakan tangan. Kegiatan seperti itu adalah salah satu hal yang dapat menimbulkan goresan pada cat mobil Anda. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa meminimalisir dengan pembersihan segera setelah terlihat debu menempel pada bodi mobil dengan kemoceng lalu di lap bersih.

  • Sinar matahari lama.

Tidak semua gedung atau tempat menyediakan parkiran khusus mobil dengan penutup yang sesuai. Jadi terkadang orang tetap memilih tempat parkir panas yang langsung terkena sinar matahari dan di tinggal dalam waktu sangat lama. Sadar tidak sadar hal tersebut bisa menjadi pemicu munculnya kerusakan pada cat mobil Anda.

Sebenarnya masih ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab kerusakan mulai dari pemilihan sabun yang kurang tepat, serangga, kotoran serangga ataupun lain sebagainya. Jadi pastikan jika memang melihat mobil tua Anda terlihat kotor jangan tunggu lama dan segera bersihkan. Dengan begitu kemungkinan kerusakan pada cat mobil seperti adanya goresan ataupun lainnya bisa dihindari. Sekian, semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *