Menu

Larangan Makanan dan Gaya Hidup Untuk Ibu Hamil

0 Comments


Kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita harus terus menjaga tubuh dan kandungannya agar tetap sehat, banyak orang yang menginginkan kehamilan untuk melengkapi kehidupan berumah tangganya, karena itulah kehamilan bisa di ibaratkan sebuah hadiah bagi kedua pasangan.

Hanya saja tidak semua pasangan mengetahui apa saja yang harus dihindari pada masa-masa kehamilan, jika ini tidak diperhatikan maka ditakutkan akan terjadi hal yang tidak di inginkan sepert keguguran. Jangan sampai muncul penyesalan dikarenakan tidak memperhatikan apa saja yang dilarang selama masa hamil.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Larangan-larangan ini bisa berupa pola makan, kesehatan hingga beberapa gaya hidup yang perlu dijauhi, berikut ini beberapa diantaranya :

Larangan Makan dan Minuman

Ada Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan ada makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk ibu hamil, yang pertama adalah minuman yang beralkohol, minuman beralkohol dapat menyebabkan janin menjadi cacat, gangguan otak bayi, cacat fisik, hingga kerusakan organ vital pada janin. Alkohol bisa masuk ke janin lewat plasenta yang terhubung langsung dari ibu ke janin, jadi sekali-kali jangan meminum alkohol selama kehamilan.

Selanjutnya adalah minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, hal ini dikarenakan kafein dapat memicu bekerjanya hormon yang menyebabkan rasa stress, dan hormon ini bisa diterima langsung oleh janin. Jika diteruskan maka akan menyebabkan keguguran, cacat, dan ketidak seimbangan hormon selama kehamilan.

Yang ketiga adalah hindari makanan yang mengandung garam terlalu tinggi, jika tingkat garamnya tidak tinggi artinya masih aman untuk dikonsumsi. Makanan yang mengandung garam terlalu tinggi bisa mengakibatkan gangguan keseimbangan cairan, selain itu juga berakibat pada limfa dan ginjal, selain itu garam juga bisa menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi dan berakibat pada terganggunya produksi sel darah merah. Efeknya pada ibu hamil adalah terjadinya hipertensi saat masa kehamilan.

Dan yang keempat adalah hindari makanan yang memiliki bahan pengawet, sekarang ini makanan yang mengandung pengawet sangat mudah ditemukan. Sebaiknya makanan yang memiliki pengawet ini dihindari oleh ibu yang sedang hamil, zat-zat ini bisa berakibat pada terganggunya kesehatan pada janin.

Larangan Gaya Hidup

Pada gaya hidup ada beberapa yang perlu dihindari, yang pertama adalah hindari stres, Anda tentu tahu jika bayi yang masih dalam kandungan sangat peka dengan apa yang terjadi pada ibunya, jadi ketika ibunya tertekan maka hal itu pula yang dialami oleh bayinya, jika ini terus menerus terjadi terutama bila usia kandungan masih cukup muda maka janin akan mengalami keguguran, jadi sebaiknya hindari hal-hal yang membuat stres dan lakukan aktivitas yang menyenangkan selama kehamilan.

Yang kedua adalah cara berpakaian, sebaiknya hindari high heels dan busana ketat, kenapa ? pemakaian high heels atau sepatu hak tinggi dapat menyebabkan otot yang bekerja untuk pinggang akan semakin tegang, hal ini akan membuat tubuh ibu hamil menjadi tidak nyaman, mudah lelah dan terasa sakit terutama dibagian betis, pinggang dan punggung. Sedangkan busana ketat tentu akan membuat tubuh terasa tidak akan nyaman, selain itu janin juga akan merasa tertekan dan kesulitan bergerak, mendapatkan asupan oksigen, dll. Jadi hindari pakaian terlalu ketat terutama jika usia kandungan sudah mulai menginjak 2 bulan atau ketika perut sudah terlihat membuncit.

Beberapa perempuan mungkin terbiasa merokok, namun selama kehamilan sebaiknya kegiatan ini dihentikan terlebih dulu, zat nikotin yang terisap oleh paru-paru dapat membuat janin mengalami gangguan, selain itu zat asam yang ada di nikotin bisa mengakibatkan gangguan berat tubuh dan masalah paru-paru pada janin, umumnya bayi yang terlahir dari ibu perokok pasif maupun aktif akan mempunya berat badan rendah, selain itu akan rentan terhadap penyakit.

Pada ibu hamil sebaiknya konsumsi Vitamin Untuk Ibu Hamil, Anda bisa mendapatkannya dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, selain itu buah dan sayuran juga akan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *