Menu

Inilah 4 Langkah yang Harus Anda Ambil Saat Ingin Membuka Toko Sparepart Motor

0 Comments


Pada dewasa ini, industri motor memang sangat bertumbuh dengan pesat di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna motor dan semakin hari semakin bertambah terus jumlahnya. Jadi banyak sekali para wirausaha yang membuka usahanya dalam bidang industri ini dan memang terbukti meraup banyak sekali keuntungan dari usaha tersebut. Bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha, akan lebih disarankan untuk memijak dalam industri perdagangan ini. Anda bisa membuka toko sparepart motor yang pastinya banyak peminatnya. Namun sebelum membukanya, Anda perlu mengetahui 4 langkah yang harus diambil saat membuka toko tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Toko Sparepart Motor

  • Memilih Lokasi

Memilih lokasi dimana Anda akan membuka usaha tersebut adalah langkah yang paling awal yang tentunya harus dipersiapkan pertama kalinya. Hal ini sangat penting karena bisa menentukan apakah toko Anda akan laku atau tidak. Anda harus memahami seberapa banyak yang memakai motor di daerah tersebut dan Anda pun harus melakukan sebuah riset untuk melihat apakah mereka yang menggunakan motor disana memiliki potensi untuk membeli dan bagaimana daya beli mereka. Jika banyak namun tidak semua mempunyai daya beli maka itu semua akan menjadi masalah. Untuk itu diperlukan riset lapangan terlebih dahulu sebelum menentukan lokasi.

  • Riset Pasar

Setelah sudah menentukan dimana Anda akan membuka toko sparepart motor tersebut, Anda juga harus meneliti apakah disekitar sana banyak pesaingnya atau tidak. Jika disekitar tersebut sudah memiliki sebuah toko yang sama dengan Anda namun toko itu sangat ramai dan rata-rata masyarakat daerah sana membeli di toko tersebut, maka akan sangat susah untuk Anda terjun ke dalam daerah tersebut. Jika begitu, lebih baik Anda membuka sebuah usaha warna laba dari toko yang terkenal, jadi Anda tidak akan rugi jika tidak laku. Atau jika Anda berani, berikanlah servis yang berbeda dari bengkel tersebut dan menjadi lebih unggul.

  • Siup, Tdp dan NPWP

Sesudah melakukan riset-riset tersebut, langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah memiliki surat izin untuk membuka usaha ini. Karena membuka sebuah toko tidak bisa terlepas dari yang namanya membayar pajak, jadi haruslah Anda memiliki surat izin agar dapat membukanya dengan santai dan juga nyaman. Jika kurang paham bagaimana caranya mendapatkan izin tersebut, Anda dapat menanyakannya ke kantor perdagangan yang ada di dekat daerah tersebut, atau bisa juga bertanya dengan toko tetangga tentang bagaimana cara mendapatkan surat izin membuka usaha.

  • Pekerja

Setelah mendapatkan semuanya dan juga surat izin, langkah terakhir yang harus diambil adalah melakukan pencarian para pekerja atau karyawan. Untuk membuka toko ini, Anda memerlukan pekerja yang piawai dalam hal pemasaran atau marketing, serta bagian administrasi untuk mengatur stok barang dan juga keuangan, juga memerlukan para pekerja yang melakukan servis ringan misalnya eperti mengganti ban, mengganti lampu, dan lain-lain yang masih dianggap kecil dan mudah.

Itulah keempat langkah yang harus diambil saat akan membuka sebuah toko sparepart motor. Memang tidak mudah karena Anda harus melakukan riset dan juga mendapatkan izin. Namun jika semisalnya Anda gagal mendapatkan izin, Anda bisa membuka usaha di internet dengan berjualan sparepart dengan membuat toko online atau berjualan di dalam situs jual beli online yang terpercaya. Hal ini juga mendatangkan keuntungan besar untuk Anda tanpa harus membayar sewa toko. Namun tetap yang paling bagus adalah memiliki lapak usaha sendiri.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *